Jumat, 02 November 2018

4.8 melakukan perawatan perangkat keras

4.8 melakukan perawatan perangkat keras

Langkah-langkah perawatan hardware PC/Laptop

a.       Mouse
1.                   Jauhkan mouse anda dari benda cair yang mudah jatuh Cara yang pertama ini mungkin ada keterkaitan dengan kebiasaan anda. Bagi kebanyakan orang yang senang online mungkin tidak asing lagi dengan hal ini. Biasanya bila orang yang senang online selalu tidak luput dari makanan ringan ataupun minuman seperti snack, gorengan, teh, kopi, mie rebus, dll. Bila anda termasuk orang yang mempunyai kebiasaan seperti itu, maka mulai saat ini jangan biasakan meletakkan benda-benda cair di dekat laptop atau mouse anda. Karena jika benda cair itu tumpah maka akan membuat alat alat elektronik anda menjadi bermasalah.
2.                   Pastikan tangan anda kering sebelum memegang mouse. Bila tangan anda sedang basah, alangkah baiknya terlebih dahulu anda keringkan sebelum anda memegang mouse. Hal ini dimaksudkan agar mouse tidak terkena rembesan air pada tangan anda.pada saat anda memegang mouse.

3.                  Saat anda mengklik mouse, usahakan jangan terlalu kasar Kebiasaan inilah yang paling sering merusak mouse.Hal seperti ini kerap terjadi ketika seseorang sedang marah atau kesal terhadap koneksi yang lambat atau komputer berat, biasanya kerap mengklik mouse dengan kasar atau bahkan membanting mouse. Bila anda menginginkan mouse anda tahan lama dan awet, jangan pernah lakukan hal seperti itu.

4.                   Gunakanlah mouse pad Sebaiknya anda selalu menggunakan alas untuk mouse (Mouse pad) saat anda bekerja, hal ini dimaksudkan agar mouse anda selalu terjaga kebersihannya. Bila anda menggunakan mouse optik, usahakan jangan menggunakan alas yang mengkilap.
5.                   Gunakan Joystick ketika bermain game Bila anda senang bermain game, sebaiknya anda membeli joystick untuk bermain. Jangan anda gunakan mouse untuk bermain, karena mouse fungsinya bukanlah untuk bermain game. Dengan begitu anda tidak perlu menggunakan mouse untuk bermain game, bila anda menggunakan mouse maka akan merusak mouse anda.
6.                   Perhatikan Kebersihan Optik Mouse Anda Sebaiknya anda rutin membersihkan optic mouse anda. Anda dapat membersihkan tiap 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali dengan menggunakan alcohol atau cutton bud.
7.                   Pastikanlah kabel mouse anda aman Selalu cek dan perhatikanlah mouse anda. Jangan sampai kabel mouse anda tidak terjepit meja komputer.
b.      Keyboard
1.            Seminggu sekali bersihkan keyboard dan tombol-tombolnya dari debu menggunakan kuas atau penyedot debu, saya sih biasanya suka menjemurnya juga barang beberapa menit setelah dibersihkan, supaya kuman-kumannya mati, soalnya katanya keyboard ini merupakan salah satu tempat favorit kuman-kuman berkumpul. 

c.       Casing
1.                   Tempatkan casing komputer dan monitor komputer di sebuah meja yang kokoh alias tidak bergoyang-goyang. 
2.                   Usahakan agar ruangan tempat kalian menyimpan komputer bebas dari debu atau selalu dalam keadaan bersih, karena casing komputer memiliki beberapa fan atau kipas yang berfungsi untuk menyedot udara segar dari luar, yang tentunya otomatis debu-debu halus pun ikut tersedot jika ruangannya kotor. 
3.                   Sekitar 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali, buka casing komputer dan bersihkan semua komponen-komponennya dari debu menggunakan penyedot debu atau bisa juga menggunakan kuas halus, terutama debu-debu yang menumpuk di dalam fan dan heatsink. 
d.      HeatSing
e.      Power Supply
f.        Matherboard
g.       Prosesor
1.                   Pastikan sebelum membuka hardisk,ruangan stril dari debu
2.                   Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan seperti kuas,penyedot debu,obeng,dll
3.                   Cek dan pastikan kondisi pheriferal semua dalam kondisi baik dan benar keadaannya
4.                   Lepaskan heat sink fan dan prosesor dari tempatnya
5.                   Bersihkan heatsink meenggunakan penyedot debu
6.                   Bersihkan fan dari debu dan ingat jangan sampai kipas fan ikut berputar
7.                   Bersihkan atas prosesor dari debu dan kotoran
8.                   Pasang kembali prosesor dan olesakan thempral paste (pasta) pada prosesor
9.                   Pasang kembali heatsink seperti semula lalu cek sudah PC kalian

h.      RAM
1.                   Jangan terlalu sering membongkar pasang beberapa komponen seperti RAM dan video card, kedua komponen ini berdasarkan pengalaman saya sering bermasalah jika terlalu sering dibongkar pasang, suka tidak ter-detect pada saat komputer dinyalakan, mungkin slotnya jadi longgar atau lempengan-lempengan tembaganya terkikis karena keseringan dibongkar pasang. 
2.                   Hal pertama yang harus dilakukan dalam membersihkan RAM adalah mengeluarkannya dari PC anda yang sebelumnya sudah tidak terhubung dengan aliran listrik. Kemudian siapkan kuas lembut dan kertas. Bagian pertama yang harus anda bersihkan adalah benkRAM atau tempat melekatnya memori. Bersihkan dengan menggunakan kuas. Untuk RAM yang tidak terbaca atau hanya dapat dibaca sebagian saja bisa menggunakan penghapus pensil. Pada bagian tembaga yang menempel dengan motherboard sebaiknya juga dibersihkan, apalagi bila terlihat ada karat di sana. Nah, sekarang RAM anda telah bersih dan bisa dipasang kembali ke PC. Untuk mengetahui hasilnya bisa menghidupkan PC anda.
i.        Hardisk
1.                   Installlah sebuah antivirus untuk berjaga jaga apabila nantinya ada virus yang menyerang dan merusak data anda..kalo bisa antivirusnya harus rutin di update..liat daftar anti virus terbaru disini
2.                   Usahakan untuk selalu melakukan backup data yang penting.
3.                   Gunakan scandisk untuk mengecek apakah ada batsector didalam harddisk.
4.                   selalu lakukan Defragment 2 minggu sekali agar data data didalam harddisk selalu tersusun rapi.
5.                   Gunakan Software pihak ketiga untuk membersihkan junk file,duplikat file,dan recycle byn..anda bisa menggunakan System Cleaner
6.                   Jangan terlalu sering mencabut dan memasang kembali harddisk kedalam CPU..karena Harddisk sangat sensitiv.jika terkena goncangan,maka data data didalam harddisk terancam hilang.
7.                   jangan menyimpan data terlampau banyak.maksudnya jangan sampai free harddisk sampe tinggal beberapa kylobyte..tapi berilah ruang sedikit agar harddisk tidak terlalu sesak setidaknya sisakan sekitar 20 MB..apabila anda menggunakan OS Windows biasanya akan muncul warning jika harddisk kita terlampau penuh.
8.                   uninstall program program yang tidak berguna agar tidak memberatkan harddisk
9.                   Pakailah UPS atau Stavolt..Gunanya jika kita menggunakan UPS adalah apabila sewaktu kita sedang menggunakan komputer tiba tiba listrik padam,komputer tidak akan langsung mati.jadi kita bisa menyimpan dulu data baru dimatikan.Komputer yang tiba tiba mati tanpa di shutdown terlebih dahulu akan membuat harddisk cepat rusak.
10.               ventilasi yang cukup..jangan meletakkan CPU ditempat yang terlalu sesak atau sempit..karena bisa membuat udara tidak bisa keluar sehingga menyebabkan harddisk menjadi cepat panas.Jadi sebaiknya pilih CPU yang memiliki banyak kipas dan tempatkan ditempat yang agak luas..

j.        Monitor
1.                   Seminggu sekali membersihkan layar monitor agar selalu terlihat kinclong dan sedap dipandang mata.
2.                   Siapkan perlengkapan bersih-bersih, yaitu kain halus/ tissue, kuas, sikat lembut dan cairan pembersih.
3.                   Pastikan komputer dalam keadaan mati dan putuskan setiap daya yang tersambung ke aliran listrik. Lepas kabel power supply dan koneksi ke CPU, kabel koneksi USB, Ethernet dan kabel lainnya.
4.                   Proses pengelapan dengan kain halus atau tissue dilakukan secara perlahan dan dengan gerakan searah agar tidak terjadi goresan halus dipermukaannya.
5.                   Jangan meletakkan monitor dekat dengan barang-barang elektronik yang memiliki kecenderungan menghasilkan medan elektromagnetik yang besar seperti televisi, speaker, tape dan lainnya karena akan menghasilkan gelombang elektromagnetik yang menggangu tampilan layar monitor itu sendiri.
6.                   Jangan meletakkan monitor terpapar sinar matahari langsung.
7.                   Bagian pinggir monitor dapat dibersihkan dengan pembersih serbaguna (umumnya berbahan dasar silicon) namun hati-hati agar tidak sampai terkena layar monitor itu sendiri
k.       DVD Drive

l.                    Printer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Kesalahan Dalam Merakit PC

1.     Salah pemasangan pada jumper motherboard Langkah yang harus di lakukan ialah cabut semua yang terpasang pada port I/O lalu bawa ko...